25 Oktober 2011

Bandara Citarate Surade Sukabumi Akan Segera Dibangun Pada Tahun 2015





SUKABUMI –Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat mengagendakan pembangunan bandar udara (Bandara) Citarete, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, mulai dilaksanaan pada 2015 mendatang. Bandara yang ditujukan untuk menunjang pariwisata di Jabar Selatan ini akan menyedot anggaran hingga Rp1,5 triliun.

“Namanya Bandara Citarete, untuk rencana pembangunannya sudah dilakukan feasibility study pada tahun 2005. Perizinannya pun sudah dilakukan ke Kementerian Perhubungan melalui pemerinta daerah setempat. Dengan begitu pembangunannya tinggal dilakukan saja dengan pembiayaan selama 15 tahun yang bersumber dari APBD dan APBN terhuting mulai 2005,” terang Kepala Bappeda Jabar Deny Juanda, di Sukabumi, Minggu (5/6/2011).

Dijelaskannya, Bandara Citarete yang diperkirakan akan menyedot anggaran Rp1,5 triliun ini akan dibangun  dengan dimensi run way 1,9 Km dengan lebar 30-60 M. Bandara ini juga ditunjang dengan infrastruktur berupa jalan Tol Pelabuhanratu-Surade dengan tujuan Bandara Citarete melalui jalan arteri. Jalan bebas hambatan ini merupakan lanjutan dari pembangunan jalan Tol Ciawi-Sukabumi.

Lebih lanjut Deny mengungkapkan infrastruktur penerbangan ini tidak hanya akan berfungsi sebagai bandara domestik saja, tapi fungs utama lainnya adalah sebagai sarana penunjang pariwisata dan industri agromarine untuk pertumbuhan perekonomian masyarakat pesisir.

“Prasyarat untuk pembangunan bandara ini, Pemda Kabupaten Sukabumi telah berhasil melakukan promosi besar-besaran untuk sektor pariwisata, termasuk menarik investor untuk pembangunan wilayah Selatan dan industri agromarine. Selambat-lambatnya upaya promosi ini  sudah dilakukan pada 2014,” terang Deny.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi Dodi Sumanteri menegaskan keberadaan Bandara Citarete ini akan menjadi pemerata bagi pembangunan Sukabumi, terutama di wilayah selatan yang selama ini relatif minim. Pembangunannya akan berdampak pada perekonomian masyarakat, sebab fasilitas penerbangan ini akan diikuti oleh industri lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

papan iklan contak kami

Curug Malela... Niagara from Bandung

Curug Malela , Niagara Mini From Bandung Slideshow: PreeSella’s trip to Bandung, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bandung slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

iklan berjalan ( kendaraan roda empat)

iklan berjalan ( kendaraan roda empat) kami mencari perusahaan telekomunikasi yang mau bekerja sama untuk pemasangan iklan berjalan pada kendaraan roda empat, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 0813.8082.2272. kami berlokasi di Jakarta Pusat..